March 2, 2021

asesoriaenalcobendas.com

Seputar Travel

Ba Na Hills Mengubah Vietnam Menjadi Tujuan Wisata

Destinasi Turis dengan Pertumbuhan Tercepat di Dunia

Ba Na Hills adalah salah satu proyek hiburan paling sukses yang dikembangkan oleh Sun Group di Danang. Semakin Menarik banyak turis lokal dan asing. Setelah satu dekade beroperasi, Ba Na Hills telah meletakkan dasar yang kuat untuk pariwisata rekreasi Vietnam. Yang diharapkan akan terus tumbuh lebih kuat di masa depan.

Ba Na Hills Merubah Vietnam Kini Menjadi Destinasi Wisata

Menurut penelitian terbaru, 70 persen pelancong internasional ke Vietnam datang dengan tujuan untuk mencari tahu. Rata-rata pengeluaran turis untuk kegiatan tamasya hanya menyumbang 11,9 persen dari total pengeluaran selama perjalanan. Angka ini jauh lebih rendah dari 50 persen di Malaysia dan 70 persen di Thailand.

Faktanya, Vietnam kekurangan produk pariwisata yang menarik untuk meningkatkan pengeluaran wisatawan. Yang tetap menjadi penghambat industri pariwisata selama beberapa tahun terakhir. Vietnam mencatat kedatangan turis yang mengesankan setiap tahun dan bahkan telah menjadi salah satu dari tujuan wisata dengan pertumbuhan tercepat di dunia pada tahun 2017. Namun, pendapatannya dari pariwisata terus tertinggal dari negara-negara tetangganya.

Satu dekade lalu, industri pariwisata Vietnam mengalami stagnasi akibat krisis ekonomi global pada 2008. Vietnam hanya menerima 3,8 juta kunjungan wisatawan pada 2009, 300.000 di antaranya mengunjungi Danang. Selain pantainya yang masih asli, kota ini tidak menawarkan produk pariwisata yang unik untuk menarik wisatawan saat itu. Kota Ho Chi Minh adalah satu-satunya kota di Vietnam yang memiliki dua taman hiburan – Taman Budaya Dam Sen dan Taman Bertema Budaya Suoi Tien.

Pelopor di bidang

Bukit Ba Na terkenal dengan pemandangan spektakuler dan festival yang penuh warna. Desa Prancis telah dijuluki sebagai “miniatur Paris” sedangkan Jembatan Emas adalah pemandangan langsung dari legenda. Sehingga, banyak wisatawan yang kembali ke Ba Na Hills untuk menikmati aktivitas hiburan yang mengasyikkan.

Pada 2015, Vietnam menyaksikan penurunan kunjungan wisatawan selama 11 bulan berturut-turut. Namun, Danang masih membukukan pertumbuhan jumlah pengunjung sebesar 33,1 persen. Ba Na Hills telah memberikan kontribusi besar untuk pencapaian ini.

Phung Xuan Khanh, direktur Tien Phong Travel, mengatakan bahwa Bukit Ba Na tidak dikembangkan di Danang, maka bukit itu akan kurang dikenal di kalangan wisatawan. Tidak mungkin Danang menjadi salah satu dari 10 tujuan teratas dunia. Sementara itu, Wakil Direktur TransViet Travel menyatakan jumlah wisatawan ke Danang melonjak sejak dibukanya Ba Na Hills.

Jumlah wisatawan ke Ba Na Hills telah meningkat 160 kali lipat selama dekade terakhir. Kedatangan wisatawan ke Danang juga membukukan pertumbuhan mengesankan sebesar 463 persen. Menurut sebuah survei, setiap dua dari tiga wisatawan internasional ke Danang akan mengunjungi Jembatan Emas, yang telah masuk dalam peringkat 100 Tempat Terbesar di Dunia pada tahun 2018.