March 5, 2021

asesoriaenalcobendas.com

Seputar Travel

Fort Portal Uganda Barat Destinasi Wisata

Setelah mendengar cerita tentang Amabere ga Nyina Mwiru, sebuah situs wisata budaya populer di Fort Portal di Uganda barat, pada tahun 2009, saya memutuskan untuk berkeliling tempat itu selama liburan Enam Senior saya.

Saya pergi ke Fort Portal dengan taksi komuter, yang singgah di Ishaka dan Kyambura karena penghuni yang diminta untuk membeli minuman dan makanan ringan. Di Kyambura, saya dapat melihat dengan jelas lereng Lembah Western Rift dan bagian dari Distrik Kasese dan Taman Nasional Ratu Elizabeth.

Sesampainya di Kasese, saya disambut pemandangan hewan liar seperti gajah dan zebra. Saya juga mengagumi lapangan terbang Hima Cement Factory dan Kasese yang populer. Persinggahan saya selanjutnya adalah di Sungai Rwimi yang terletak di perbatasan Distrik Kasese dan Bunyangabu. Di sini, saya melihat anak-anak berenang di sungai.

Tempat-tempat Indah

Ketika saya mencapai Kota Kibiito, cuaca tiba-tiba berubah dan saya mulai merasa kedinginan. Sebelum saya tiba di kota Fort Portal, saya melihat Gereja Katolik Roma Keuskupan Virika yang megah dan sebuah rumah yang indah di atas bukit. Saya diberitahu oleh penumpang lain bahwa bangunan megah itu adalah istana Raja Oyo, Karuzika.

Setibanya di sana, taksi berhenti di pom bensin Kobil dan saya mulai mendengar orang berbicara tentang Rutooro, dialek lokal di Fort Portal City. Meski perjalanan dari Mbarara menuju Fort Portal Town cukup lama, namun aku merasa lega saat melihat kota yang bersih, terutama Jalan Balya yang bersinggungan hijau.

Karena rasa lapar sudah menyebar, tempat berikutnya yang ingin saya kunjungi adalah restoran. Di Kisenyi, saya disuguhi makanan lokal – Firinda dan roti millet. Firinda di Tooro dibuat dengan cara mengeluarkan cangkang dari biji.

Pada jam 3 sore, saya menggunakan boda boda untuk pergi ke Nyakasura, untuk melihat Amabere ga Nyinamwiru. Di sini, saya diminta membayar Sh5.000 untuk mengakses lokasi wisata. Pemandu memberi instruksi sebelum saya memasuki gua. Saya melewati vegetasi yang lebat sambil membungkuk. Saat itu hujan dan jalurnya licin. Saatnya akhirnya tiba. Saya disuguhi pemandangan bebatuan, yang terlihat seperti ambing sapi, dengan keluar cairan keputihan. Pemandu wisata meluangkan waktu untuk menjelaskan kepada saya ilmu di balik bebatuan ini dan formasi mereka.