March 3, 2021

asesoriaenalcobendas.com

Seputar Travel

Odisha Di Tidak Adakan Dari Daftar Tujuan Wisata Ikonik

Destinasi Turis Teratas di Asia Pasifik Pengunjung 2019-2023

Odisha terus diabaikan oleh pusat karena upaya berulang untuk memasukkan skema pengembangan pariwisata. Dengan sentakan kasar terbaru datang dalam daftar ‘Tujuan Wisata Ikonik’ yang tidak mencakup tujuan negara mana pun.

“Sangat mengecewakan” kata seorang perwira senior di sini sambil menambahkan bahwa pemilihan acak seperti itu tanpa mempercayai negara bagian tidak dapat diterima.

Bagaimana bisa beberapa pantai dari tokoh negara dalam daftar Destinasi Wisata Ikonik sementara situs seperti Danau Chilka. Konark atau Bhitarkanika di Odisha diabaikan, dia mempertanyakan.

Odisha Dikecualikan Dari Daftar Tujuan Wisata Ikonik

Dia menegaskan, negara tidak dijadikan kepercayaan dan daftar itu disusun semena-mena oleh pemerintah pusat. Sebelumnya juga, permohonan Odisha untuk sirkuit turis Buddha telah diabaikan oleh pusat.

Menteri Utama Naveen Patnaik, yang dikenal memiliki sudut lembut khusus untuk pariwisata, mengingat paparannya di seluruh dunia. Pasti akan membahas masalah ini dengan PM dan mempertanyakan bagaimana Destinasi Wisata Ikonik tidak menyertakan satu pun hotspot wisata di Odisha.

Belakangan ini, pengusaha swasta terkait bisnis perhotelan dan pariwisata mengimbau kepada pemerintah pusat untuk memberikan paket. Bantuan khusus bagi sektor yang mengalami kerugian besar akibat topan Fani pada 3 Mei lalu.

‘Segitiga Emas’ pariwisata Puri, Konark, dan Bhubaneswar adalah yang paling parah dilanda topan Fani dan daya tarik ke pusat tersebut. Untuk menyediakan dana untuk kebangkitan industri perhotelan dan perhotelan.

Menanggapi kelalaian dari 17 Destinasi Wisata Ikonik untuk pengembangan sebagai destinasi kelas dunia dalam Anggaran. Ketua Asosiasi Hotel dan Restoran Odisha, JK Mohanty mengatakan secara mengejutkan tidak ada satu tempat pun dari Odisha yang menemukan tempat dalam daftar.

Dalam sebuah surat kepada Menteri Persatuan Pariwisata Negara Prahalad Singh Patel. Mohanty mengatakan memiliki lebih banyak potensi pariwisata dibandingkan dengan negara tetangganya.

Odisha telah diabaikan oleh Pemerintah Pusat sejak 30 tahun terakhir yang mengakibatkan lalu lintas wisatawan terendah dan jumlah hotel kategori bintang terendah. Kementerian Pariwisata secara agresif mempromosikan Incredible India Campaign, tapi sayangnya tidak banyak yang dibicarakan tentang negara ini. Bahkan sebagian besar kantor Pariwisata India di luar negeri hampir tidak memiliki literatur wisata tentang Negara Bagian Odisha, katanya. 

Odisha diberkahi dengan warisan budaya yang kaya, pegunungan yang indah, danau air payau terbesar di Asia. Dengan 64 jenis budaya suku yang kaya, hutan bakau, margasatwa, karya kerawang perak yang terkenal, kerajinan batu, Lukisan Patta Chitra, Handloom dan Kerajinan Tangan dll.